Minggu, 01 April 2012

BAB 1 (PENGANTAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN)


 Indonesia adalah salah satu bangsa besar didunia dan memiliki banyak kekayaan alam yang melimpah oleh sebab itulah banyak negera asing seperti Belanda, Portugal, dan juga Jepang yang amat berambisius menguasai Indonesia. Berbagai cara ditempuh para pendahulu untuk memajukan bangsa yang amat kita cintai ini, diantara nya melalului bidang pendidikan kewarganegaraan.
       Melalui pendidikan kewarganegaraan mencetak generasi muda yg cinta akan negaranya Pendidikan kewarganegaraan yang berhasil akan membuahkan sikap mental yang cerdas, penuh tanggung jawab dari peserta didik. Sikap ini disertai dengan perilaku yang Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menghayati nilai-nilai falsafah bangsa. Berbudi pekerti luhur, berdisiplin dalam masyarakat, berbangsa dan bernegara. Rasional, dinamis dan sadar akan hak dan kewajiban
        Proses negara di Indonesia telah dimulai sejak proklamasi 17 agustus 1945, dan terjadinya bangsa negara Indonesia merupakan suatu proses rangkaian tahapan yang berkesinambungan. Secara ringkas sebagai berikut :
1. Perjuangan pergerakan Kemerdekaan Indonesia
2. Proklamasi atau pintu gerbang kemerdekaan
3. Indonesia menganut konsep Demokrasi
4. Keadaan benegara yang nilai nilai dasar nya ialah merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur

Pendapat Pribadi : Menurut saya para Pemimpin harus memiliki jiwa  Nasionalisme yg tinggi untuk bangsa dan Negara ini. Dan bebas demokrasi bagi seluruh rakyatnya dan para pemimpin dan pejabat negara ini jangan mementingkan diri sendiri tapi harus merakyat karena dia dipilih sebagai wakil rakyat.

Saran : Pemimpin sekarang harus bisa mengajak,mengajari dan mendidik generasi muda bagaimana menjalankan roda pemerentahan yg benar dan bersih agar agar tercipta negara adil, makmur dan sejahtera serta menjadi panutan kepada pemuda-pemudi di negara ini.
Harus banyak diadakan seminar tentang Kewarganegaraan agar pemuda-pemudi agar cinta akan negara dan bangsanya ini.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar