Minggu, 09 Januari 2011

CINTA KEBAPAKAN

Mengingat bahwa antara ayah dengan anak-anaknya tidak terjalin oleh ikatan-ikatan fisiologis seperti yang menghubungkan si ibu dengan anak-anaknya, maka para ahli ilmu jiwa modern berpendapat bahwa dorongan kebapakan bukanlah dorongan fisiologis seperti dorongan keibuan, melainkan dorongan psikis. Dorongan ini nampak jelas dalam cinta bapak  kepada anak-anaknya, karena mereka sumber kesenangan dan kegembiraan baginya. sumber kekuatan dan kebanggan dan merupakan faktor penting bagi kelangsungan peeran bapak dan kehidupan dan tetap terkenangnya dia setelah meninggal dunia.
Ini terlihat jelas doa Zakaria As, yang memohon pada Allah semoga ia dikaruniai seorang anak yang akan mewarisinya dan mewarisi keluarganya Ya'qub :
"Ia berkata : Ya Tuhanku, sesungguhnya tu;angku telah lemah dan kepalaku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada engkau, ya Tuhanku. Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalanku, sedang istriku mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera, yang akan mewarisi aku dan mewarisi keluarga Ya'qub; dan jadikanlah ia, ya Tuhanku, seorang yang diridhai : QS. Maryan. 19: 4-6"
Cinta kebapakan dalam Al-Qur'an diisyaratkan juga dalam kisah nabi Nuh as. Betapa cintanya ia kepada anaknya, tampak jelas ketika ia memanggilnya dengan penuh rasa cinta, kasih sayang dan belas kasihan. untuk naik ke perahu agar tidak tenggelam ditelan ombak :
" Dan nuh memanggil anaknya sedangkan anak itu berada ditempat yang jauh dan terpencil : Hai anakku, naiklah (kekapal) bersama kami dan janganlah kamu berada bersama-sama orang--orang yang kafir " (QS, Yusuf 12:84)
Cinta ini nampak pula dalam doa nabi Nuh as, yang memohon pada Allah semoga anaknya selamat :
"Dan Nuh berseru kepada Tuhannya sambil berkata : Ya Tuhanku, Sesungguhnya janji Engkau itulah yang benar. Dan Engkau adalah hakim yang seadil-adilnya (QS, Hud 11:45)
Biasanya cinta kebapakan nampak dalam perhatian seorang bapak pada anak-anaknya,asuhan,nasehat, dan pengarahan yang diberikan kepada mereka, demi kebaikan dan kepentingan mereka sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar